Total Tayangan Halaman

15 Agustus 2010

Tidak Laku, Harga Ayam Kembali Turun

Harga daging ayam potong di pasar tradisional Kota Palu, Sulawesi Tengah, pada pekan pertama Ramadhan mengalami penurunan ke harga semula karena sebelumnya sempat naik, akibat berkurangnya permintaan konsumen.

Harga daging ayam potong di Pasar Masomba, Minggu, adalah sebesar Rp 35.000 per ekornya yang beratnya sekitar 1,5 kilogram.

Pada awal Ramadhan,  harga ayam potong itu mencapai Rp 45.000  per ekor.  Seorang penjual daging ayam, Murni mengatakan penurunan harga daging ayam tersebut disebabkan sedikitnya permintaan dari konsumen yang turun hingga 50 persen.

"Pada awal puasa permintaan daging ayam berkisar 100 hingga 150 potong tetapi saat ini hanya separuhnya saja," ujar Murni.

Sementara itu, harga komoditas lainnya seperti telur ayam mengalami kenaikan Rp 100 hingga Rp 200 per butirnya. Harga telur ayam buras yang dijual dipasaran saat ini Rp 1.100 hingga Rp 1.200 per butir tergantung ukurannya.

Sebelum Ramadhan,  harga telur ayam berkisar Rp 800 hingga Rp 1.000 per butir. Kenaikan harga telur ayam itu menurut sejumlah pedagang disebabkan meningkatnya permintaan dari konsumen.

Harga dari distributor juga naik sehingga pedagang terpaksa menaikkan harganya. Secara umum harga berbagai kebutuhan pokok di Kota Palu mengalami kenaikan sekitar 25 persen hingga 50 persen. (kompas)

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by NewWpThemes | Blogger Theme by Lasantha - Premium Blogger Themes | New Blogger Themes