Total Tayangan Halaman

14 Agustus 2010

Bau Sangit Kematian di Niger

Jangan salah, Niger bukanlah Nigeria. Beribu kota di Niamey, Niger merupakan negara di kawasan barat Afrika yang terkunci oleh daratan atau landlocked alias negara yang sama sekali tidak memiliki akses laut. Niger berbatasan dengan Nigeria dan Benin di sebelah selatan; Mali di barat; Aljazair dan Libya di utara; dan Chad di sebelah timur. Nama negara ini diambil dari Sungai Niger.

Baru saja, Niger dilanda banjir besar, Kini, negara itu mengalami kemarau panjang. Maka, sekarang, ancaman kelaparan dan dampaknya yakni kekurangan gizi dan kematian makin berbau sangit di situ.

Media massa memberikan catatan pada Sabtu (14/8/2010), tingkat kekurangan gizi di Niger berada di angka 22 persen. Nah, angka ini jauh di atas patokan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) untuk menyatakan sebuah negara berada dalam kondisi darurat pangan.

Sayangnya, dana yang tersedia untuk membantu Niger tak kunjung tiba. Padahal, dana itu sudah dimintakan sejak 2005, tatkala kelaparan besar melanda negeri itu.

Meski pemerintah Niger sudah melakukan berbagai upaya menuntaskan problem kelaparan, kemarau panjang merusak segalanya. Maka, di negeri berpenduduk sekitar 15 juta jiwa itu, kematian makin dekat menjemput ajal warganya. Siapa mau peduli? kompas

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by NewWpThemes | Blogger Theme by Lasantha - Premium Blogger Themes | New Blogger Themes