Total Tayangan Halaman

24 Agustus 2010

Jelang Lebaran, Masyarakat Diminta Waspadai Peredaran Uang Palsu

Uang-Palsu-sang-Kades.jpgMasyarakat diminta untuk mewaspadai maraknya kejahatan peredaran uang palsu menjelang hari raya Idul Fitri. Polri mengimbau kepada masyarakat yang ingin menukar uang untuk kebutuhan lebaran, agar menukar di tempat yang resmi dan jelas, agar tidak menjadi korban penipuan.

"Kita imbau juga kepada masyarakat yang mau menukarkan uang tolong ditukar melalui tempat-tempat resmi, bisa ke bank, asal jangan di tempat gelap-gelap, jangan di tempat parkir karena di situasi seperti ini, orang juga butuh," kata Kadiv Humas Polri Brigjen Iskandar Hasan, di Mabes Polri, Selasa (24/8/2010).

Menuru Iskandar, mendekati masa-masa lebaran seperti saat ini, ada sebagian orang berpotensi memanfaatkan situasi dengan melakukan kejahatan penipuan. "Saya minta untuk hati-hati, perbankan dimana-mana ada, bahkan sampai kecamatan, tolonglah ke tempat-tempat resmi dan jelas," lengkapnya.

Iskandar menambahkan, selama ini kerja sama dengan berbagai unsur untuk memberantas peredaran uang palsu sudah dilakukan oleh Polri. "Seperti contoh beberapa waktu lalu dimana kita mengungkap pembuat uang palsu lengkap dengan mesin, nah agar kasus ini tidak meluas masyarakat diminta waspada," ucapnya.

Contoh lain yang paling anyar, dikatakan Iskandar, adalah kasus kepemilikan uang mainan seorang Kepala Desa di Jambi. Dalam kejadian itu, petugas polisi pada tanggal 21 Agustus lalu, berhasil menyita uang mainan melalui operasi cipta kondisi senilai Rp 1,5 miliar. "Uang palsu itu didapat dari sebuah mobil Mitsubhisi yang dikendarai oleh seorang Kepala Desa Suka Mernang Irwan Bin Ishak. Di sini Irwan sepertinya menjadi korban penipuan penggandaan uang. Karena dia sebelumnya bertemu dengan Riko yang menjanjikan bisa menggandakan uang Rp 75 juta menjadi Rp 1,5 miliar. Irwan ini tidak tahu kalau uang itu mainan, dikira uangnya asli. Nah, inilah yang perlu diwaspasdai, jangan maunya instan," jelasnya.(TRIBUN)

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by NewWpThemes | Blogger Theme by Lasantha - Premium Blogger Themes | New Blogger Themes