Total Tayangan Halaman

24 Agustus 2010

Tahun 2010 Cuaca Indonesia Paling Ekstrem

Hujan lebat disertai petir yang terjadi beberapa hari ini memang menimbulkan pertanyaan berbagai pihak. Padahal seharusnya musim kemarau terjadi pada bulan April-Oktober. Badan Meteorologi dan Geofisika (BMKG) menyatakan tahun 2010 cuaca Indonesia sedang mencapai tahapan paling ekstrem.

"Tahun 2010 merupakan tahun di mana cuaca paling ekstrem sejak 12 tahun terakhir," jelas Eko, Prakirawan Meteorologi BMKG saat ditemui di kantornya, Cengkareng, Selasa (24/8/2010).

Menurutnya tahun ini, musim kemarau di Indonesia itu pendek, dan musim kemaraunya bersifat basah. Hal ini dipengaruhi oleh fenomena Lanina. Fenomena Lanina yaitu dimana suhu permukaan laut di wilayah Indonesia tinggi sehingga mendorong suplai uap air yang berlebih dan menimbulkan hujan.

Eko menambahkan, dibandingkan Lanina sebelumnya, ini merupakan yang paling ekstrem. Lalina ini diperkirakan terjadi hingga bulan Januari 2011.

"Bulan Juli dan Agustus ini memasuki masa transisi pancaroba peralihan dari musim kemarau ke musim hujan. Kemudian diperkirakan pada bulan September sudah mulai musim hujan, sehingga musim hujan datang lebih cepat," tambahnya lagi.

Eko tidak memungkiri kemungkinan cuaca ekstrm juga disebabkan oleh pemanasan global. Namun hal itu masih memerlukan penelitian lebih lanjut.(okezone)

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by NewWpThemes | Blogger Theme by Lasantha - Premium Blogger Themes | New Blogger Themes