Total Tayangan Halaman

15 Agustus 2010

Perbaiki Kualitas Udara, Depok Tanam 3 Ribu Pohon

Setelah rutin menggelar uji emisi, Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kota Depok kini kembali melakukan kegiatan tanam pohon di 11 kecamatan. Hal ini untuk menurunkan tingkat polusi udara.

Sebanyak tiga ribu pohon, akan ditanam secara bertahap dalam kurun waktu satu bulan dengan mengajak seluruh instansi baik Dinas Kebersihan, Kodim, dan juga Polres.

Kegiatan tersebut dilakukan berdasarkan penilaian yang diberikan oleh Kementrian Lingkungan Hidup terkait sebaran pohon, sistem drainase,kualitas udara, kualitas air, hingga kualitas sampah. Rata-rata, setiap kecamatan hanya berhasil mendapatkan nilai 60 untuk setiap indikator.

Untuk meningkatkan kualitas lingkungan, Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) kota Depok, Rahmat Subagyo bertekad dengan kegiatan bertema ‘Bersih dan Hijau’. Titik yang dipilih, kata Rahmat, adalah lokasi yang masih memiliki kualitas lingkungan rendah.

“Misalnya sejumlah titik ada yang kualitas udara, sampah, dan airnya jelek, bersih-bersih dan hijau dengan tanam pohon, ada pohon sukun, dan sengon, pohon peneduh, kalau trem besi oleh Kodim,” ujarnya kepada wartawan, Minggu (15/8/2010).

Rahmat menambahkan, selain kegiatan tanam pohon pihaknya juga akan membuat sejumlah sumur resapan, dan memperbaiki sistem drainase. Rahmat menambahkan, pihaknya juga akan bekerja sama dengan Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air untuk membersihkan sampah sungai.

“Buat sumur resapan di jalan, lalu perbaiki air menggenang drainase, serta membuat lubang biopori di rumah-rumah warga,” katanya.

Kegiatan tersebut mulai dilakukan sejak 13 Agustus hingga 6 Oktober 2010. Sebelumnya, Pemerintah Kota Depok juga pernah mengklaim masih memiliki 50 persen Ruang Terbuka Hijau (RTH).
(okezone)

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by NewWpThemes | Blogger Theme by Lasantha - Premium Blogger Themes | New Blogger Themes