Total Tayangan Halaman

17 September 2010

Garuda Indonesia Akhirnya Minta Maaf

PT Garuda Indonesia meminta maaf secara resmi kepada Persatuan Penyandang Cacat Tunanetra Indonesia (Pertuni) Sulawesi Selatan. Garuda juga akan mendatangi Irwan Subena di Bali untuk meminta maaf secara langsung.

Hal itu dikemukakakn Kepala Komunikasi PT Garuda Indonesia, Pujobroto, saat mendatangi Sekretariat PERTUNI di Jalan Kapten Pierre Tendean, Makassar, kemarin siang. Dalam kesempatan itu, Pujobroto didampingi Kepala Kabi PT GI, Toto Mahfud.

Pujobroto mengatakan pihaknya menyesalkan perlakuan yang diterima penumpang maskapainya Irwan Subena beberapa hari lalu. Menurutnya, kejadian itu adalah yang terakhir kalinya dan berharap takkan terulang lagi.

“Ini menjadi masukan bagi Garuda agar lebih mengevaluasi diri. Kami sangat menyayangkan adanya peristiwa tersebut, terutama para awak kabinnya,” ujar Pujobroto, Jumat (17/9/2010).

Pihaknya juga telah melayangkan surat pemanggilan kepada pilot, kopilot, dan seluruh awak kabin yang bertugas saat itu. Mereka kata dia, akan diperiksa mulai Senin pekan depan.

“Jika hasilnya menunjukkan ada kesalahan, maka akan ambil tindakan tegas. Kami juga akan segera meninjau dan merumuskan aturan tentang pelayanan kepada para penyandang cacat di atas pesawat, termasuk tunanetra,” tuturnya.

Direktur Faham Penca Pertuni Sulsel, Abdul Rahman, mengaku menerima permohonan maaf tersebut. Pihaknya juga berjanji akan menarik laporan di Polrestabes Makassar. “Kami akan mencabut laporan di kepolisian jika memang mereka bersedia tidak mengulang lagi kejadian yang sama,” kata Abdul Rahman.

Sementara itu, Anggota Komnas HAM Saharuddin Daming yang memediasi pertemuan itu mengharapkan kejadian itu dapat menjadi pelajaran berharga bagi maskapai untuk berbenah diri ke depan. Menurutnya, penyandang cacat dilindungi undang-undang untuk mendapatkan pelayanan sesuai kebutuhan dari pihak maskapai.

“Penyandang cacat itu warga negara yang hak dan kewajibannya diatur dalam UU tersendiri, ada UU Penerbangan,” ucap Saharuddin.
(okezone)

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by NewWpThemes | Blogger Theme by Lasantha - Premium Blogger Themes | New Blogger Themes