Total Tayangan Halaman

15 September 2010

Arus Mudik 2010, Pemudik Lebih Pilih Naik Pesawat

Trend pilihan angkutan yang digunakan saat mudik Lebaran 2010 mulai mengalami perubahan. Jika biasanya para pemudik menggunakan jasa kereta api, kini mereka beralih menggunakan pesawat terbang.

Berdasarkan data dari Posko Nasional Angkutan Lebaran Terpadu Kementrian Perhubungan terlihat, tahun ini para pemudik justru lebih banyak memilih menggunakan moda transportasi udara. Tingkat penggunaan angkutan darat dan kereta api justru mengalami penurunan.

"Penggunaan pesawat tahun ini mengalami peningkatan sekitar 15 persen," kata Elly Sinaga, Kordinator Posko Nasional Angkutan Lebaran Terpadu Kementrian Perhubungan, kepada Okezone, Rabu (15/9/2010).

Berdasarkan data pada H+3 tahun lalu, jumlah pemudik yang menggunakan transportasi udara sekira 109.633 orang, namun tahun ini meningkat menjadi 140.967 orang. Jumlah ini mengalami kenaikan 25,58 persen dari tahun sebelumnya. Peningkatan ini terlihat jelas di Bandara Soekarno Hatta (Cengkareng), Juanda (Surabaya), dan Ngurah Rai (Bali).

Hal senada diungkapkan petugas Posko terpadu Mudik Lebaran kementrian Perhubungan M Edison S. Dia menduga peningkatan jumlah pemudik ini disebabkan singkatnya libur Lebaran tahun ini.

"Perekonomian masyarakat juga mulai meningkat," jelasnya.

Edison menambahkan, hal ini sebenarnya sudah diprediksi sebelumnya oleh Kementrian Perhubungan Udara. Oleh sebab itu pihaknya juga telah menyiapkan beberapa pesawat tambahan.

Jika tahun sebelumnya Bandara Soekarno Hatta hanya menyiapkan 2 hingga 3 pesawat tambahan pada H+3, tahun ini meningkat menjadi 8 hingga 11 pesawat tambahan.

Sementara itu untuk H+4 hingga pukul 11:00 WIB, jumlah kedatangan di Bandara Soekarno Hattamencapai 15.399 penumpang dan jumlah keberangkatan mencapai 17.231 penumpang. Jumlah ini terus menunjukkan peningkatan jika dibandingkan hari-hari sebelumnya.(okezone)

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by NewWpThemes | Blogger Theme by Lasantha - Premium Blogger Themes | New Blogger Themes