Total Tayangan Halaman

07 September 2010

Adjie Suradji: Saya Mau Dipensiunkan Enggak Masalah

Kolonel Penerbang Adjie Suradji menyerahkan sepenuhnya kebijakan kontroversi tulisannya di halaman Opini harian Kompas kepada institusi TNI Angkatan Udara. Ia mengaku siap menanggung segala risiko atas tulisannya yang berisi kritik terhadap Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

"Saya serahkan kepada institusi Angkatan Udara. Mau dipensiunkan pun saya enggak masalah," kata Adjie saat dihubungi Kompas.com, Selasa (7/9/2010).

Ia mengaku sudah mendapat teguran dari TNI Angkatan Udara. Namun, ia tidak mengurai lebih jauh soal teguran yang diterimanya. "Tanya saja kepada Kadispen (TNI AU Marsekal Pertama TNI Bambang Samoedro)," ujarnya.

Seperti diberitakan, tulisan Adjie di halaman Opini harian Kompas bertajuk "Pemimpin, Keberanian, dan Perubahan", Senin (6/9/2010), membuat institusi TNI berang. Adjie dinilai melanggar kode etik karena melakukan kritik terbuka terhadap Presiden Susilo Bambang Yudhoyono yang notabene adalah Panglima Tertinggi TNI.

Dalam tulisannya, ia mengkritik kepemimpinan Yudhoyono dalam menggerakkan roda pemerintahan. Ia mempertanyakan keberanian Yudhoyono sebagai Panglima Tertinggi TNI. Pernyataan terbuka ini bertentangan dengan adat militer yang melarang bawahan mengkritik atasan.

Marsekal Pertama Bambang Samoedro dalam surat pembaca yang dimuat di harian Kompas, Selasa, mengatakan, tulisan Adjie merupakan pendapat pribadi dan bukan pendapat institusi TNI Angkatan Udara. "TNI Angkatan Udara memegang teguh UU Nomor 34 Tahun 2005 tentang TNI, khususnya Pasal 2, yang memuat tentang jati diri, di mana salah satu klausulnya menyatakan bahwa TNI dilarang berpolitik praktis," tulis Bambang dalam surat pembaca.

(kompas)

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by NewWpThemes | Blogger Theme by Lasantha - Premium Blogger Themes | New Blogger Themes