Total Tayangan Halaman

02 Oktober 2010

Kemenhub: Kecelakaan KA karena Salah Pengoperasian

Kecelakaan antara kereta api (KA) Argo Anggrek tujuan Surabaya dan Senja Utama tujuan Semarang di Petarukan, Pemalang, Jawa Tengah, diduga kuat karena kesalahan pengoperasian.

Kepala Pusat Komunikasi Publik Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Bambang S Ervan mengatakan, pihak Kemenhub sudah melakukan berbagai upaya untuk keselamatan transportasi, baik darat dan udara.

Untuk jalur KA, kata Bambang, Kemenhub sudah melakukan perbaikan jalur di sepanjang jalur pantai utara (Pantura) Pulau Jawa.

“Kami selalu melakukan pengecekan jalur pantura. Hampir semua bantalan lintasan kereta sudah kami ganti dengan beton. Beberapa lokasi pun sudah dibuat sistem double track. Seperti di Jakarta-Cirebon, di Tegal sudah ada, juga di beberapa lokasi di Pekalongan, Kroya, dan Yogyakarta,” ujar Bambang saat dihubungi okezone, Sabtu (2/10/2010).

Karena itu, Bambang menduga kuat kecelakaan KA pada Sabtu dini hari itu, lebih disebabkan faktor mengoperasian, baik dari sisi masinis maupun petugas lain.

Meski demikian, Bambang meminta semua pihak menunggu penyelidikan yang akan dilakukan tim dari Komisi Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT).

Bambang menandaskan, operasional perjalanan KA merupakan wewenang PT KA, sementara Kemenhub hanya bertugas sebagai pembuat regulasi. "Tentang keselamatan, sebelum ada kecelakaan ini, Kemenhub sudah ada langkah-langkah dan program. Mulai dari perbaikan sarana dan prasarana, melakukan sertifikasi gerbong KA dan petugas-petugasnya. itu semua sudah dilakukan. Pengoperasian PT KA yang dilakukan," jelas Bambang. (okezone)

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by NewWpThemes | Blogger Theme by Lasantha - Premium Blogger Themes | New Blogger Themes