Total Tayangan Halaman

04 Juli 2011

Obat Penenang Membuat Anak Lahir Autis

Jakarta - Konsumsi obat penenang oleh ibu hamil, meningkatkan risiko bayi lahir autis.

Kaum ibu harus hati-hati. Masa kehamilan memang kadang membuat stres. Namun ternyata konsumsi obat antidepresan atau obat penenang oleh ibu hamil dapat meningkatkan risiko bayi lahir autis.

Ini dibuktikan oleh studi yang dipublikasikan di Archives of General Psychiatry. Penelitian ini menguji 1.805 kasus kelahiran, sehubungan dengan konsumsi obat penenang Selective Serotonin Reuptake Inhibitors(SSRI) oleh ibu, dan risiko Autism Spectrum Disorders (ASD) pada bayi yang dilahirkan.

Peneliti menunjukkan, penggunaan obat penenang di masa kehamilan, menghasilkan risiko dua kali lipat bayi yang dilahirkan mengalami sindrom autis.

"Terutama jika obat penenang digunakan di tiga bulan pertama masa kehamilan,” ujar Lisa Croen, PhD, kepala Autism Research Program di Kaiser Permanente Division, Oakland, California.

Obat penenang memengaruhi kadar serotonin ibu. Croen juga melihat kemungkinan menggunaan obat penenang di masa awal kehamilan akan secara langsung memengaruhi kondisi otak anak.

Kondisi stres pada ibu, ditambah dengan obat penenang, memengaruhi perkembangan otak bayi yang setelah lahir didiagnosis mengalami ASD.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by NewWpThemes | Blogger Theme by Lasantha - Premium Blogger Themes | New Blogger Themes