Total Tayangan Halaman

06 Agustus 2010

Kereta Khusus Wanita Segera Dioperasikan

KERETA-MUDIK.jpgBagi para wanita pengguna kereta api, tidak lama lagi akan menikmati pelayanan khusus sehingga bisa terbebas dari pelecehan penumpang pria yang selama ini sering terjadi di Kereta. Rancananya dalam tahun depan akan ada kereta khusus wanita yang dikelola KCC yang melayani perjalanan Jabodetabek.

Menurut Derektur Jenderal Perkeretaapian, Departemen perhubungan, Tundjung Inderawan, di Jabodetabek akan ditambah armada kereta seri 7000 yang berasal dari Jepang sebanyak delapan armada dan sudah ada tiga armada yang lulus uji kelayakan.

"Kereta seri 7000 ini akan ada kereta khusus untuk wanita dimana satu gerbong di depan dan satu gerbong di belakang dengan warna yang berbeda yaitu pink," kata Tundjung dalam talk show DPD RI perspektif indonesia dalam tema Kereta Api Indonesia: 'Antara Keselamatan dan Komersialisasi' di Pers Room DPD RI, Jakarta, Jumat (6/8/2010).

Menurut Tundjung, kereta tersebut disediakan dalam rangka meningkatkan pelayanan kereta serta meningkatkan harkat dan derajat perempuan. "Pelayan kereta dalam gerbong tersebut pun juga wanita, sehingga penumpang akan lebih aman," jelas Tundjung.

Lebih lanjut ia menjelaskan bahwa KCC akan membeli 20 set kereta seri 7000 dari Jepang. Menurutnya kereta tersebut merupakan kereta bekas namun keadaannya masih baik dan merupakan kereta baru. "Namun karena AC-nya menggunakan freon dan ada aturan di Jepang tidak boleh menggunakan Freon, maka di Jepang tidak boleh lagi beroperasi, dan akhirnya di beli oleh Indonesia,"ungkapnya.

Menurut Bambang P Soeroso, Anggota Komite II DPD RI asal Provinsi Bengkulu menjelaskan bahwa Indonesia harus lebih mengefektifkan INKA supaya Indonesia tidak selalu mengimpor kereta bekas terus.(tribun)

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by NewWpThemes | Blogger Theme by Lasantha - Premium Blogger Themes | New Blogger Themes