Total Tayangan Halaman

09 Agustus 2010

Tetap Cantik Selama Puasa

wanita-cantik-india.jpgSebentar lagi bulan puasa menjelang. Apa saja yang dibutuhkan tubuh agar tetap segar beraktivitas dan terlihat cantik?

Salah satu hal penting yang harus diperhatikan selama bulan puasa adalah asupan komposisi gizi seimbang untuk memenuhi kebutuhan tubuh. Kebutuhan serat harus terpenuhi, baik saat sahur maupun berbuka. Sebab, makan menu lengkap saat berbuka saja, tetapi sahurnya tidak lengkap, tidak akan bisa meng-handle aktivitas saat seharian berpuasa.

Selain serat, agar tak mengalami dehidrasi selama puasa, cairan dalam tubuh juga harus tetap terpenuhi. Setiap hari, tubuh memerlukan sekitar 1,5 - 2 liter air. Kebutuhan air ini bisa didapatkan dengan mencicil di saat sahur dan berbuka. Misalnya, sahur makan dengan kuah sayur sebanyak 200 cc, lalu minum susu 200 cc, ditambah buah-buahan yang juga mengandung air. Saat berbuka, misalnya, bisa dengan minum jus buah atau teh 200 cc dan makan dengan sayur lagi sebanyak 200 cc.

Mengonsumsi teh hijau yang kaya akan antioksidan polifenol juga bisa membantu tubuh agar selalu tetap segar, bersih, dan bersemangat. Bahan aktif yang terdapat pada minuman teh adalah polifenol yang bersifat antioksidan, yaitu melawan radikal bebas yang terbentuk pada metabolime tubuh kita. Radikal bebas akan memicu terjadinya stres oksidasi yang sangat merugikan tubuh. Nah, polifenol ini terdapat dalam konsentrasi tinggi pada teh hijau.

Kandungan polifenol dalam teh hijau memang terbukti memiliki banyak manfaat kesehatan, termasuk mencegah terjadinya kanker dan peradangan di kulit. Teh hijau mampu memperlambat penuaan kulit karena EGCG 200 kali lebih kuat daripada vitamin E dalam menghancurkan radikal bebas yang merusak kulit. Radikal bebas akan bereaksi dengan sel-sel sehat dalam tubuh, sehingga mengurangi jumlah kerusakan dan dapat membantu mengurangi keriput dan tanda-tanda penuaan lainnya.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by NewWpThemes | Blogger Theme by Lasantha - Premium Blogger Themes | New Blogger Themes