Total Tayangan Halaman

09 Agustus 2010

Alasan Polisi Tangkap Ba'asyir

Abu-Bakar3.jpgMabes Polri lewat juru bicaranya, Irjen Pol Edward Aritonang mengumumkan secara resmi alasan penangkapan Ustadz Abu Bakar Ba'asyir, Senin (9/8/2010) siang. ustadz Abu diduga terlibat dalam rentetan aksi teroris di Indonesia sejak pembentukan camp pelatihan di Aceh.

"Abu Bakar Ba'asyir berperan aktif dalam pembentukan camp sejak deklarasi Qaida Amimah atau basis perjuangan militer di Aceh," kata Edward.

Peran Abu Bakar menurut Edwar antara lain, menunjuk menunjuk Ustad Mustakim
sebagai Qoid (pimpinan militer) di Aceh. Menunjuk Mustofa alias Abu Tholut sebagai penanggung jawab pelatihan. Dia juga berperan menunjuk Dulmatin sebagai operator dan perencana lapangan. Ba'asyir mengetahui penelitian dan rencana aksi bom yang disiapkan teroris di Jawa Barat dan Ba'asyir juga mendapat laporan secara rutin dalam setiap rencana aksi teror.

Ba'asyir menurut Edwar sudah terlibat sejak jauh hari dari mulai pembentukan camp latihan di Aceh sampai pembangunan laporatorium bom dan rencana ledakan bom mobil.

"Dari sejumlah penangkapan dan penyelidikan sebelumnya, penyidik Densus berkesimpulan ada bukti kuat keterlibatan Ba'asyir," kata Edward.

Ba'asyir, menurut Edward ditangkap bersama lima orang yang diduga sebagai pengawalnya karena berusaha menghalangi penangkapan Ba'asyir. "Sekarang dalam perjalanan ke Jakarta," ucapnya. Edward enggan memastikan apakah terjadi insiden pemecahan kaca mobil yang membawa Ba'asyir dalam penangkapan itu.

Ba'asyir telah diinterogasi awal oleh penyidik Densus 88 dan kini tengah menjalani pemeriksaan intensif oleh penyidik. Selain itu, penyidik menemukan benang merah keterkaitan Ba'asyir dalam kegiatan teror di Indonesia, khususnya Aceh, dari keterangan para saksi dan bukti-bukti lain yang didapat dalam penyidikan. (TRibunnews.com)

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by NewWpThemes | Blogger Theme by Lasantha - Premium Blogger Themes | New Blogger Themes