Total Tayangan Halaman

09 Agustus 2010

NU Jateng Belum Tetapkan Awal Ramadhan

Ketua Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama Jawa Tengah, HM Adnan, Senin (9/8/2010) menyatakan, ulama dan kyai NU belum menetapkan awal pelaksanaan puasa Ramadhan.

"NU baru akan kembali bersidang rukyat, Selasa (10/8/2010) sore. Hasil hisab baru sekitar dua derajat di atas ufuk, kemungkinan bisa melihat bulan sangat kecil. Tidak tertutup kemungkinan warga NU akan melaksanakan puasa Ramadhan, Kamis (12/8)," kata HM Adnan di Semarang.

HM Adnan mengatakan, NU selalu menggunakan dia cara dalam menen tukan awal puasa Ramadhan, yakni menggunakan sistim hisab serta disempurnakan dengan rukyat. Sebaliknya, Muhammadiyah hanya menggunakan sistim hisab sehingga tidak tertutup kemungkinan awal puasa bisa Rabu (11/8/2010).

"Perbedaan ini tidak masalah. Justru yang harus dipermasalahkan adalah kalau orang Islam tidak melaksanakan ibadah puasa," ujar HM Adnan.

Humas Kantor Wilayah Kementrian Agama Jawa Tengah, Budiawan, pemerintah memberi kesempatan bagi umat Islam untuk memulai awal puasa sesuai dengan ajaran Islam.

Supaya masyarakat tidak bingung, sebaiknya tetap menunggu pengumuman awal puasa Ramadhan secara resmi oleh pemerintah. (kompas)

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by NewWpThemes | Blogger Theme by Lasantha - Premium Blogger Themes | New Blogger Themes