Total Tayangan Halaman

08 Agustus 2010

Mesin Penjual Anggur Bisa Deteksi Pembeli Mabuk

mesin_anggur1.jpgMesin penjual minuman anggur yang berada di Pensylvania, Amerika Serikat, akan dilengkapi breathalyser atau alat yang akan mendeteksi kadar alkohol pembeli melalui aroma nafas mereka.

Para pembeli minuman anggur di Pennsylvania saat ini diberikan kesempatan untuk membeli minuman favorit mereka dari mesin penjual minuman anggur.

Negara bagian Pennsylvania ini merupakan salah satu yang menerapkan aturan ketat terhadap konsumsi alkohol di masyarakat. Sampai sekarang minuman anggur hanya dijual di toko yang dikelola oleh pemerintah setempat.

Mesin yang akan sedikit memudahkan pencinta minuman angggur ini, diprogram untuk meminta pembeli anggur menunjukan identitas sebagai bukti telah memenuhi batas usia minimal dalam mengonsumsi minuman beralkohol.

Dengan alat breathalyser yang terdapat dalam mesin ini, pembeli diminta untuk melakukan tes dengan mendeteksi nafas mereka untuk menunjukkan apakah para pencinta minuman anggur ini tidak membeli dalam keadaan mabuk.

Beberapa mesin yang dilengkapi alat serupa ini telah diujicoba dan telah didistribusikan ke berbagai supermarket. Mesin ini sendiri bisa memuat sekitar 700 botol dan ditempatkan dalam kondisi suhu yang terkontrol.

Harga minuman anggur yang dijual melalui mesin ini berkisar pada harga $7 hingga $23.

Namun, di tengah aturan ketat penjualan alkohol para pembeli memang harus tetap melalui beberapa tahapan sebelum bisa menikmati minuman anggur yang tersaji dalam mesin penjual ini.

Pertama, pembeli harus menggesekkan kartu identitas mereka dan juga kartu pembayaran. Setelah itu, breathalyser akan melakukan analisa lewat hembusan nafas sang pembeli untuk mengetahui jika si pembeli tidak berada dalam pengaruh alkohol saat membeli minuman anggur.

Kamera CCTV yang diawasi oleh petugas setempat juga ikut memantau sebagai gerbang pengawasan terakhir.

"Kami tidak melayani pembeli yang terpengaruh alkohol atau obat-obatan" kata Patrick Stapleton, Ketua Dewan Pengawas Minuman Beralkohol Pensylvania.

"Kami telah menggunakan teknologi, kami memanfaatkan kemajuan teknologi untuk memastikan bahwa pembeli seperti itu tidak bisa membeli minuman anggur."

Sampai sekarang konsumen minuman beralkohol di Pensylvania hanya bisa dibeli pada toko milik pemerintah. Kehadiran mesin ini memungkinan konsumen untuk kali pertama mendapatkan minuman beralkohol di supermarket umum.(BBC)

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by NewWpThemes | Blogger Theme by Lasantha - Premium Blogger Themes | New Blogger Themes